Monday, April 4, 2016

Menelusuri serunya tempat wisata kekinian, Embung Baboy, Situjuah, 50 Kota


“the world is a book and those who do not travel, read only one page” – St.Agustine

Mungkin... belakangan ini orang-orang pada sadar dengan makna quote diatas, atau semenjak wabah instagrammers yang hobi pake banget share foto travelling mereka,  jadi orang-orang mendadak hobi travelling? Ah sepertinya opsi kedua jauh lebih tepat.  Apalagi sekarang gadget yang udah seharga cabe keriting kiloan ye kan, kalau ga iphone, ya samsung lah, sony, oppo yang sempat naik daun, xiaomi, advan, dkk. Paling engga jamannya hape nokia 2100 yang bisa nimpukin maling itu sudah hilang dari peredaran *pasang emot sedih*. Kalau dulu, maling yang ditimpukin pake hape langsung lari karena kesakitan, kalau sekarang mah..... malingnya nungguin ditimpukin pake hapenya situ..baru dibawa lari wkwk

Karena biar hitzz kaya situ yang anak kekinian, alhasil lah gue melipir ke embung baboy (baca : embung babuy) , didaerah situjuah, 50 kota. Ada yang tau? Belum? Sama juga baru kesini . Walaupun awalnya cuma kepo banget sama tempatnya gimana dan BM banget pengen kesini. Akhirnya berhasil ngerayu mama sama papa plus aji yang hobinya cuma nge-tem di depan komputer jalan-jalan sore unyu kesini. Dan guess what? Tempatnya pe to the cah!

Tempatnya pecah... sama kaya hati aku yang udah kamu pecahin *krik *

Embung baboy sebenernya adalah sebuah waduk atau bendungan yang fungsinya ya kaya bendungan biasa lah, standar aja semacan irigasi, sumber air, air sumber,dll bagi penduduk sekitar. “terus rin, yang bikin pecah apa?” yang bikin pecah itu adalah JALAN MAU KESININYA, nyet

Engga deng, tempatnya juga kok, pas nyampe sini bawaannya sendu dan adem, pas pertama kali keluar mobil lumayan breathtaking view nya, karena sebelumnya jalan kesini syusyah cin. Soalnya papa sempet mundur liat treknya yang nanjak abis dan jalannya masih dari tanah dan berbatu. Maklum lah kan di daerah perkampungan penduduk yang cukup pelosok juga, jadinya medannya masih belum terlalu mulus, walaupun jalannya gede tetep aja masih susah.

P : rin, jalannya tuh liat masih mau lanjut?
E : engg... terserah papa deh, maunya gimana?
P : kalau papa sih, kayanya ga sanggup deh, kita balik aja ya?
E : yaudah pa, yang penting udah tau jalan kesini....
Obrolan semacam diatas adalah waktu pertama kali liat medan ke embung baboynya. Tapi setelah ngeliat mobil tua yang barusan juga balik dari situ, perlahan tapi pasti, simobil tua terseok2 nanjakin sijalan yang susah itu, dan...? berhasil yeay! Alhasil bikin papa langsung banting setir karena ga mau kalah sama simobil tua itu.

Iya, simobil tua yang barusan lewat berhasil ngubah mood papa buat jalan lagi, slow but sure sih, kitanya yang di dalem mobil juga pada takut-takut. Takut kalau tiba-tiba disamperin malaikat maut meheh hehe hehe. Tiba-tiba si aji yang  computerable bangets itu, nyerocos “kayanya salah mobil deh, kalau kesini harusnya kita naik landrover ya pa, biar sanggup jalannya buat mobil offroad”, si bapak bales “iya bener, papa dulu waktu proyek juga dikasih landrover sih” si anak gadis ikutan nimbrung “yaudah pa, nanti kita beli landrover ya pa!” kemudian suasana hening, 

Sebenernya perjalanan menuju kesana bagus banget, kiri kanan itu kaya perkebunan penduduk, ada sawah juga, terus ga jauh juga ada hamparan hutan pinus, plus ditambah langit biru yang jernih dan matahari yang cerah, jadi cukup bisa bikin ber “wow” ria setiap lirik kiri-kanan. Apalagi setelah nyampe, langsung disambut jembatan sih, terus langsung bendungan yang airnya ijo lumut, bikin mata adem. Luasnya sekitar 1.094 ha dengan volume tampungan 24, 694 m3, pinter ya gue hehe hehe kan baca plangnya

Baboy sendiri itu adalah nama sungainya, dibikin nama jadi Embung Baboy biar kece dan punya daya tarik untuk masyarakat sekitar. Di embung baboy suasananya adem *gue udah bilang berapa kali?* disini juga ada sampan yang bisa disewa untuk menelusuri bendungan tersebut, kalau gasalah katanya di tarif cuma 5000 per orangnya. Kalau bersampan ria katanya (lagi) serasa menelusuri sungai amazone *mungkin orang yg bilang udah pernah ke amazone?* intinya berasa bersampan ditengah sungai yang sungainya warna ijo lumut kaya yang banyak buaya atau hewan buasnya gitu terus sungainya ditengah hutan belantara gitu ditambah anginnya segar sepoi-sepoi gitu, tapi  awas aja nyemplung, bahaya, karena dalemnya kurang lebih 8 m, ceunah. Tapi hebatnya disini sudah ada pelampung! Jadi ya paling tidak masyarakat sekitar sudah memikirkan sedikit matang kan kalau mau menjadikan bendungan semacam ini untuk tempat wisata?

Selain itu, disini ada sejenis bunga bangkai! Nama latinnya apa ya lupa, tapi setipe dan se famili sepertinya. Kalau mau liat tumbuhan yang satu ini, harus nelusuri pinggiran hutan dulu, jalannya mungkin lumayan lah ya. Karena toh gue sendiri ga sempet nyobain, soalny kesininya sudah kesorean dan takutnya kan masuk semak udah sore ga bagus juga. Ngabisin waktu disini juga sekitaran 30 menit aja, karena faktor kesorean tadi. Kayanya bakalan kesini lagi deh mehe hehe. Tapi buat kamu-kamu yang mau kesini, rekomen ko, soalny masih belum terlalu rame dan boleh juga dicoba untuk tempat hangout bareng gengges.

O ya! Kabupaten 50 kota itu berlokasi di sumatra barat, dan embung baboy itu spesifiknya di situjuah, untuk rute, mungkin rada sulit dijelaskan soalnya gue juga sempet nyasar. But lets cek this out! Semoga membantu ya!

Setelah masuk ke daerah situjuah, kamu harus ketemu sama yang namanya SMAN Situjuah, jalannya terletak persis diseberang gerbang SMA itu kok, jalannya kecil dan tidak rata, nanti kalau udah ketemu kantor wali jorong, kamu belok kiri, terus kalau sudah ketemu pertigaan lagi kamu belok kiri lurus dan setelah itu belok kanan, disitu nanti ada anak kecil yang minta sumbangan untuk mushola kok, kasih aja kan anaknya imut,  setelah itu baru tinggal ikutin jalannya yang bertanah dan nanjak buat nyampe ke embung baboy nya. Ga ngertikan ya?

Intinya, untuk kesini kamu harus inget spot-spot ini : SMAN situjuah, Kantor Wali jorong,  Anak kecil yang minta sumbangan (?)
atau cara mudahnya jangan pernah takut GPS ya! (GPS versi gue baca dari tetangga sebelah = Gunakan Penduduk Sekitar) jadi jangan malu bertanya, nanti kamu jalan-jalan wkwk enaksih tapi kan destinasinya ga nemu *huhu, untuk bertanya kamu harus sebut “bendungan” ya, jangan embung baboy, soalny masyarakat sekitar taunya itu cuma bendungan untuk irigasi dan semacamnya. Kalau kamu sebut baboy saja (inget bacanya itu “babuy”) nanti kamu bakalan diarahkan ke sebuah desa atau perkampungan yang kebetulan namanya juga baboy. Jadi pilhan kata yang tepat itu nanya “pak, kalau bendungan babuy dimana?”


Hal lain yang harus diperhatikeun adalah... cuaca yes! Soalny kalau kesininya waktu lagi hujan? Mati ae idup lo. Susah, nanti jalannya bakalan berlumpur, dan untuk kendaraan roda empat its a big NO NO! Selain itu, apa yang mau diliatin dari bendungan ditengah hutan pas lagi ujan? Yang ada mah lau kelelep, ye kan.

Jangan dateng kesorean, sore... emangg selalu syahdu ya, bikin adem, bikin asik, bikin.... kangen mantan *abaikan kalimat ini* walaupun suasana cerah tapi kalau kesorean kan gabagus juga, mau explore-explore unyu tapi baliknya kemaleman, terus nyasar gatau jalan, terus nanti masuk koran “seorang gadis cantik kekinian dan hits instagram telah ditemukan hilang di tempat wisata embung baboy” khan ga gaol, ilangnya di tempat wisata cuy!

Jangan nyampah! Go green dong

What else? Dont forget to take  a selfie, wefie, atau apalah namanya itu, jangan lupa foto ala-ala instagrammers juga, biar yang liat fotonya juga pada tertarik kan jadi terkenal. Win-win solution deh! Lonya eksis, tempatnya  juga eksis!

Yang terakhir ya, setelah ternyata sadar ceritanya kepanjangan, dan kayanya ada beberapa bagian yang harus di cut L follow instagram guee @heyyimerin (selalu promosi, dan wajib!) haha
Selamat melipir!


 
pic : heyyimerin



No comments:

Post a Comment