Saturday, June 25, 2016

Purwakarta, i'm in love!

Halooo! Its been a while since i dont write, quite busy down here, i’ve been to some places for having weekend getaways tho, and they were extremely cool! Fabulous i said, cant wait to tell you then *bener gatuh englishnya*

Well sebenernya ini cerita akhir semester 5 lalu, sekarang gue udah mau masuk sem 7 lol, but i’ll keep share you the story ;)

Setelah beberapa kali escaping, dan kalau gue pikir-pikir semester ini lah yang gue hectic banget jalan kemana-mana buat nyari suasana baru, inspirasi baru dan tambatan hati baru (?), karena biasanya paling jalan (jalan maksud gue = travelling, kalau hangout-hangout unyu mah gue sering) sesekali aja tapi langsung tempat yang rada jauh kaya jalan ke jawa, secara gue kan anak sumatra, jadi kalau di itung2 dari titik 0km rumah gue, udah lumayan jauh lah ya.. hehe

Tahun ke 3 perkuliahan memaksa gue untuk sering-sering cari inspirasi, karena mahasiswi yang mau tahun akhir ini udah ngerasain yang namanya bosen kuliah, seems like ngerasain udah tua, dan butuh pembuktian jati diri

Purwakerdah! (Read : Purwakarta)
Purwakarta sendiri merupakan salah satu kabupaten di jawa barat, ide mucul buat jalan ke purwakarta itu dadakan, karena gue dan temen-temen gue punya jarak 5 hari buat uas berikutnya, opsinya ya gamungkin pergi yang jauh-jauh banget dari jakarta, apalagi nyebrang pulau, bahaya aja nanti kenapa-napa kan lagi uas, lebih bahaya nya sih karena nanti kalau ada apa2 ga ada yang meratiin *eh

Soo, alhasil ilmu kodok berguna buat timing yang kaya gini, karena biasanya planning yang udah direncanain itu gabakal kejadian. Gue dan 2 orang temen gue ini lagi iseng aja ngobrol di McD abis keluar kelas ujian, mumpung punya waktu lowong 5 hari, dan dalam 5 hari itu gabakal belajar juga karena biasanya pada pake sistem SKS, kita langsung aja pengen runaway unyu dan tiba-tiba aja ada yang nyeletukin Purwakarta!

The main reason is.. jadi kenapa kita milih purwakarta?
Alasan utamanya adalah harga tiket keretanya yang murah pake banget, padahal udah mau pertengahannya Jakarta-Bandung. Kepo kan ama harganya Cuma RP.6000! kita udah nyampe purwakarta.

Gasatupun dari kita sih yang pernah ke purwakarta, mumpung diinstagram banyak akun komunitas tentang explore daerah-daerah wisata, so tinggal ketik aja di tab search explorepurwakarta dan voila! We got so many refference places to go!

Tapi tetep aja kan foto instagram aja gabisa jadi modal utama, since there are so many talented photographers nowadays, yang ajaibnya bisa bikin tempat yang biasa-biasa aja di foto jadi ajib banget. Kebetulan gue dan temen gue juga suka hunting buat instagram, walaupun feedsnya kita beda sih, tapi yang namanya orang lagi travelling pasti pengen mengabadikan momen kan, itung-itung bisa showoff juga “liat nih gue abis backpackeran seru ke purwakarta” halah niatnya salah ahahah

Sebenernya banyak banget tempat yang bisa dikunjungi di purwakarta, dari the most well-known waduk jatiluhur, sampe via ferrata tebing parang yang lagi booming sama olahraga panjat tebingnya. Anw, sebelumnya gue udah ada planning juga sih ikutan wall-cliff bareng temen sma gue tapi setelah googling harganya lumayan mahal Rp.450rb per packnya, iyalah ya include safety, makan, sampe ticket kereta dari meeting pointnya. Tapi buat gue yang masih berprofesi mahasiswi, berstatus anak kostan dan memiliki paradigma “to not rely on my parent” dengan standar harga segitu dan Cuma nambahin cepek, gue udah bisa barbequean ria ikutan trip ke pahawang lampung, lumayan kan nyebrang pulau.

Jadi setelah menimbang-nimbang besoknya, gue, temen gue si ibu negara pute dan kaka hits zar langsung melipir ke purwakarta dengan modal googling dan instagram doang. Piliha meeting point kita yang tempat tinggalnya berantakan ini adalah stasiun kota (karena kita cuma tau kalau mau ke purwakarta adanya di kota, belum cek stasiun lain).

Gue gamau over excited sama pertualangan unyu kali ini, tapi GUE GAGAL TIDUR nyet. Karena ya, nungguin sampe pagi, setiap kebangun check hape *tengah malem*, *jam 2*, *jam 3* dan begitulah sampe akhirnya pagi, dan siap-siap berangkat. Kita janjian sekitar pukul 8 dan paling telat nympe stasiun jam steng10. Karena kereta ke purwakarta sendiri yang paling awal adalah pukul 10 pagi.

Purwakerdah here WE GO!
Untuk pembelian tiket menuju purwakarta sendiri bersifat on the spot, soalnya kita sempet mikir pesen online kaya tiket ke bandung naik parahyangan, ternyata engga. Dan ta daaaa! Harganya Cuma 6000 rupiah! Salah satu hal yang sangat amat gue dan temen2 gue senengin ya ini harga tiketnya yang kelewat murah untuk perjalanan sejauh ini! Ya walaupun keretanya dengan AC yang pas2an, tempat duduk yang dipaksa sempit2-an sama penumpang lain, ribut, kaya kereta ekonomi lainnya. But we try to made ourself as confort as we can.

Perjalanan menuju stasiun purwakarta sendiri kurang lebih 5 jam. Normalnya kalau baca review di internet ga selama ini juga, 2-3 jam kalo ga salah kalo lo cobain googling sendiri. Mungkin perhitungannya dengan keadaan kendaraan yang jalannya on time dan ga berenti2. Gue lupa check keretanya mulai gerak jam berapa, tapi kayanya melewati jam 10, terus setiap stasiun kan juga harus berhenti nurunin penumpang, alhasil kitanya nyampe di purwakarta jam 1-an lebih.

Apa yang terkenal di purwakarta? The most well known “kuburan kereta” kalo lo pada cek intstagramnya explorepurwakarta atau akun sejenisnya, kalian pasti bakal nemu tempat ini. Posisinya persis diseberang stasiun purwakarta sendiri. Gatau gue dan temen gue lagi apes apa gimana, waktu kita turun securitynya lagi tegas, langsung suruh keluar pintu exit. Kita yang kekeuh mau foto di depan kuburan2-an itu maksa dan bilang kita ada tugas kuliah untuk report tempat wisata di purwakarta dan bilang kalo kuburan2-an *namanya ucul lol* ini merupakan salah satu objek yang pengen kita bahas. DAN KALIAN HARUS TAU kalau kita itu beneran sok2an wawancara si kepala kereta yang lagi bertugas *saking niatnya* tapi tetep aja ditolak dengan alasan bahaya karena tempatnya di perlintasan kereta, bener sih, mepet banget deket rel kereta.
***
Pas keluar stasiun kereta, kita bingung, karena gatau posisinya ada dimana, stasiun kereta tepat berada di belakang kantornya satpol pp, pas nyampe depan eh kita bingung mau arah kemana (dan ga ada satupun dari kita yang inisiatif check maps lol), akhirnya kita milih untuk belok ke arah kiri. Satu hal yang bikin gue notice sama purwakarta adalah tudung saji yang digantung beraturan mirip acara tujuh belasan, lucu pokoknya. Suasanyanya adem, sunyi kaya tempat yang bagus buat well escaped gitu. Dan akhirnya karena perut yang lapernya ga ketolongan, kita stop disebuah kafe pinggir jalan. Laper, 5 jam perjalanan.

Namanya “kedai shinta” gue mau sedikit review kafe ini ya. Gue nyebut ini kafe karena tempatnya udah ada dekorasinya. Tempatnya rada kecil, ada lesehan juga jadi bisa santai2 unyu. Ada tempat sholatnya. Kipas angin, dan menu yang disuguhkan itu bukan hanya sekedar menu makanan pinggir jalan kaya angkringan biasa. Ada menu seafood ala2 nya gtu, (gue lupa foto menunya) tapi makanannya seems good dengan menu-menu yang unik. Awalnya kita ekspektsi makanannya ya biasa aja, kan kaya tempat makan biasa. Kita order 3 nasi, 1 *lupa namanya* isinya seafood plus mi kaya mi rebus seafood gitu, tapi menurut gue ini lebih dari sekedar “mirebus seafood” seafoodnya juga macem2, rasanya enak! Gue yang nyoba rada shock karena ya gue ga ekspektasi juga rasanya kaya begini, kirain kaya mi biasa, dan trust me! It tasted really good, menu kedua adalah of course! SATE MARANGGI, kalo lo ke purwakarta lo ga coba sate maranggi? Duh sayang banget, karena sate maranggi itu kasnya purwakarta. Sate maranggi itu biasanya dibikin dari daging kambing atau daging sapi yang udah dibumbui disajikan dengan irisan bawang merah dan tomat segar, lo boleh google bentuknya kaya gimana. Di kedai shinta sendiri yang lagi-lagi bikin nilai plus adalah ga hanya rasanya yang enak banget tapi penyajian si sate marangginya udah dalam bentuk hotplate, cakep, 8/10 kalo gue boleh rating!

Next destinasi?
Setelah ngisi perut sampe gembul, kita mau explore2 unyu si purwakarta, nanya2 aja sama masyarakat sekitarnya, jam 2 siang kita jalan kaki ke mesjid agung nya buat sholat. Nah arahnya dengan patokan dari stasiun, kalau ke kedai shinta gue belok kanan, ini gue belok kiri, which means, kita balik arah lurus terus. Mungkin karena jakarta too much over crowded, pas nyampe purwakarta yang sepi dan adem ini kitanya teriak2 sambil bilang “gila bagus banget” yang padahal ya emang bagus, terkususnya gue hehe, mungkin gue mikirnya si purwakarta ini mirp bekasi, depok, banten dan semacamnya, pinggiran kota gitu, padahal? SAMA SEKALI GA MIRIP, gue berasa didaerah jawa-jawa gitu, kita ngelewatin si air mancur terkenal yang udah ganti nama jadi prabu siliwangi, kita jalan terus dan sampe di alun-alun yang bagus banget parah tamannya, duh menurut gue yang ga ekspektasi banyak-banyak ini purwakarta jadi kerennya luar biasa di mata gue *ga lebay serius*. Kita sampe di mesjid agung yang nantinya bakal jadi markas selanjutnya, karena planningnya emang gamau nginep untuk mimimalisasi biaya, maklum, namanya anak kostan hehe

Selonjoran bentar, touch same make up #girlswillbegirls dan siap2 berangkat menuju destinasi pertama yang kita mau “istora resort jati luhur”. Sebenernya sih, walaupun di google lo bisa search segalanya, sampe naik angkot apa ke jatiluhurnya, tetep aja komunikasi sama masyarakat sekitar lebih mendukung. Jadi setelah nanya2, dari posisi kita waktu itu, kita harus naik 3 kali angkot, 02, 03 dan 09 ongkosnya beda2 soalnya jaraknya beda juga, estimasinya kisaran 3000-6000 rupiah perorangnya. Perjalanan terlama dan terjauh itu naik angkot 09, ternyata jati luhur itu tempatnya jauh, deket bukit. Perjalanan menuju kesininya banyak pohon dan sejuknya abis-abisan, jalannya nanjak tapi suasananya bikin seger. Waktu si supir nunjuk untuk ngasih tau waduk jati luhur, dari tempat kita itu berasa ngeliat surga *kaya udah pernah aja* dan bareng2 teriak *WOOOOOOOW* pemandangannya yang gue dan temen gue liat soalnya air nya sparkling gtu karena kena cahaya matahari sore yang keemasan, ditambah lagi background gunung dan efek pepohonan yang bikin viewnya epic banget, semesta mendukung!

For info, angkot ke jatiluhur terakhir itu biasanya kisaran waktu magrib, jam segitu juga udah susah nemu angkotnya. Karena takut kehabisan angkot, gue akhirnya tuker2an no hape sama si supir angkotnya *cie gitu* kan biar nanti bisa pulang lagi hehe

Istora resort ini punya banyak spot foto yang bagus, ada kafenya juga, kalian bisa cek ig gue @heyyimerin *promosi terus rin* yang paling lucu disini ada kaya rumah pohon gitu, lucu banget pokoknya! Sebenernya di jatiluhur ini kaya nya banyak spot wisata. Tapi kita lebih milih spending time di istora karena emang suasananya enak, dan banyak spot foto yang instgramable! Magrib, gue udah dihubungin si supir yang udah nunggu di depan, sambil guide kita untuk ke spot foto yang ternyata belum sempet kita jamahi, sumpah orang sini pada baik semua :)

pic: heyyimerin

Peresmian kedua air mancur prabu siliwangi
Jujur gue bener-bener gatau kalau di hari yang sama kita berkunjung ke purwakarta, bakal ada acara peresmian air mancur yang digadang-gadangkan terbesar se asia tenggara itu, prabu siliwangi. Again guys, ini namanya mestakung! Semesta mendukung.

Belakangan gue tau, kalau peresmian itu merupakan peresmian tahap kedua. Acaranya dimulai abis magrib, seluruh masyarakat purwakarta keluar berbondong-bondong ke tkp, tentunya kita yang jadi tamu ini juga ikutan. Sebelum acara sempet ujan dulu 2 jam-an. Tapi kitanya tetep kekeuh dong masa udah jauh2 malah nyerah? Padahal alasan utamanya adalah kita juga gatau lagi mau kemana hahahah

Ngantri, basah, dingin, becek, desek2an ga bikin kita mundur buat kepoin acara ini. Ada semacam drama musical gitu, sambutan dari petinggi setempat, dan hiburan-hiburan pengantar lainnya sampai akhirnya ke acara utama. Gue juga kepo emang apa sih istimewanya air mancur doang? Sampe kok pembukaannya seheboh ini, kamera media disana sini. Dan ternyata? Air mancurnya air mancur melodi yang kaya di sentosa islandnya singapura itu. Kalo gue boleh bilang? IMPRESSIVE! Lagi lagi something surprised me, this spectacullar melody colorfull fountain show wasn’t something i’ve expected. Mulut gue berhasil dibikin mangap-mangap ngikutin euforianya orang-orang sekitar. Kayanya kedinginan, becek dan sumpek terbayarakan sudah dengan sesuatu yang i called beautiful. YES, THE FOUNTAIN JUST EXTREMELY COOL, IT WAS NOT PRETTY, BEAUTIFUL I MIGHT SAID.

Akhirnya acaranya kelar lewat midnight. Pada bubar, dan gue? Guys gue dan 2 pelancong lainnya ini got no destination to go. Alhasil lah kita ngisi perut lagi di angkringan2 deket situ yang syukurnya masih rame. ANOTHER INFO, yang tadi di awal gue sempet lupa bilang adalah, kereta terakhir purwakarta-jakarta adalah sekitar jam 5 sore. Jadi, kita udah planing untuk ngejar si kereta pertama jam 5 subuh besoknya mengingat nyampe purwa baru jam 1 siang padahal udah kereta pertama jakarta-purwakarta dan Cuma dikasih waktu sampe jam 5 sore? No, kita gabisa explore2 unyu dong, niat yang awal buat tidur di mesjid gagal karena jarak dari mesjid ke stasiun sendiri gak deket, abis sholat subuh, mau lari2 kaya gimana juga ga keburu ke stasiunnya.

Terus gimana? Ya terus kita Cuma matung doang depan stasiun nunggu sampe si stasiun buka disebelah bapak2 yang lagi dagang minuman asongan :)

So thats what i called perfectly imperfect journey with ma two lovely girls! Buat gue sendiri, banyak pelajaran yang bisa diambil dari short vacation gue kali ini. Masih banyak tempat tempat yang berlum dijamahi juga, kayanya bakalan balik, semoga bermanfaat ya review gue ini. Well, Purwakarta, im in love! salam dari 3 petualang cantik :*